Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 5, Nomor 3, September 2017



 
DIURGENSI PENINGKATAN PEMANFAATAN PELABUHAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN PROVINSI ACEH
 
Medi Nopiana
 
Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. H.S. Ronggowaluyo Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat 41361 Email: medinopiana@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Kajian ini membahas secara menyeluruh tentang berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Aceh Selatan yang dihasilkan sektor-sektor ekonomi di atas. Selain itu, kajian ini akan membahas pula kondisi Pelabuhan Tapaktuan saat ini serta arah kebijakan pembangunan Kabupaten Aceh Selatan rangka meningkatkan kemanfaatan Pelabuhan Tapaktuan. Metode analisis dalam kajian ini mengunakan metode deskriptif, dengan berdasarkan serangkaian metode pengumpulan data melalui studi literatur, observasi dan wawancara. Peningkatan pemanfaatan Pelabuhan Tapaktuan masih menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya tidak berfungsinya Tapaktuan sebagai pusat pertumbuhan dan akumulasi perekonomian Kabupaten Aceh Selatan. Untuk itu. perlunya Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan konsisten menerapkan kebijakan yang menyangkut pemanfaatan Pelabuhan Tapaktuan, serta menciptakan sinergi yang kuat antara pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dengan pemerintah pusat dalam rangka mengembangkan perdagangan (ships follow the trade) dan menumbuhkan daerah yang kurang berkembang (ships promote the trade).

 
Kata Kunci : Pelabuhan Tapaktuan, Potensi Wilayah, Kabupaten Aceh Selatan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH INSENTIF, LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. SARI BUAH SAWIT KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Wildan, Nur Hamzah
 
STIE Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln.Mayor Said Zam zam, Pujarahayu Ophir, 26368. Email : nononk2702@gmail.com dan nurhamzah165@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di PT. Sari Buah Sawit, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat, Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh insentif, lingkungan kerja dan budaya kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi adalah seluruh karyawan di PT. Sari Buah Sawit berjumlah 99 orang. metode sensus artinya seluruh populasi dijadikan sampel, maka jumlah sampel 99 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS For Windows realasa 16.0. Variabel independen secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien regresi 34.424 dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05). Nilai R2 menunjukan 0,521% dan yang sisanya sebesar 0,479% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.

 
Kata Kunci : Kinerja, Insentif, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ORANG TUA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH DASAR ISLAM AL-AZHAR 32 PADANG
 
Zeshasina Rosha, Linda Wati, Surya Dharma
 
Universitas Bung Hatta, Jl. Bagindo Aziz Chan, Aia Pacah, Padang Email: zeshasina@yahoo.com, l11nda@yahoo.co.id, priyatamasurya@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: kualitas pengajaran, kualitas guru, lokasi sekolah, agama, fasilitas sekolah, citra sekolah, biaya sekolah, lingkungan sekolah, dan kemananan sekolah terhadap pengambilan keputusan orang tua dalam memilih sekolah dasar Islam Al-Azhar 32 Padang. Populasinya adalah orang tua siswa Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 32 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan langsung kepada 260 orang tua siswa yang menjadi responden. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Regresi Linear Berganda dan Uji Parsial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi orang tua dalam pengambilan keputusan memilih SDIA 32 Padang adalah kualitas pengajaran, agama, citra sekolah, dan biaya sekolah. Faktor-faktor lain seperti kualitas guru, lokasi sekolah, fasilitas sekolah, lingkungan sekolah, dan keamanan sekolah tidak berpengaruh signifikan.

 
Kata Kunci : Keputusan Pemilihan, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MOBIL AVANZA DI KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Mai Yuliza
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman ,Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam-Zam, Pujurahayu Ophir, 26368. Email:mai.yuliza@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pngaruh citra merek, kualitas produk dan inovasi produk terhadap loyalitas konsumen mobil Avanza di Kabupaten Pasaman Barat. Populasi adalah para pengguna mobil Avanza di Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah Sampel 100 orang, dengan metode convinience sampling .Instrument penelitian adalah Kuesioner. Data yang peroleh selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2) dan Inovasi Produk (X3) berpengaruh Signifikan terhadap Loyalitas (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2) dan Inovasi Produk (X3) berpengaruh Signifikan terhadap Loyalitas (Y) adalah 0,729 (R2 = 72,9%).

 
Kata Kunci : Loyalitas konsumen, Citra merek, Kualitas Produk, Inovasi Produk
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KEMUDAHAN, PROMOSI DAN KEPUASAN TRANSAKSI ONLINE SHOPPING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survey Pada Konsumen Shopee.co.id)
 
Elondri
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : elondri.3@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Kemudahan, Promosi dan Kepuasan Transaksi Online mempengaruhi Keputusan Pembelian Online (Survey Pada Konsumen Shopee.co.id). Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Kemudahan (X1) Promosi (X2) dan Kepuasan Transaksi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online (Y) dimana koefisien regresi berganda adalah 0,728 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Besarnya pengaruh kemudahan, promosi dan kepuasan transaksi online terhadap keputusan pembelian online, dari uji t yang dapat dilihat pada tabel Coefficients terlihat bahwa nilai alfa untuk variabel kemudahan sebesar 0,535 signifikan, promosi sebesar 0,448 signifikan dan variabel kepuasan transaksi online sebesar 0,384 signifikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 100 orang yang telah menggunakan shopee minimal 1 kali melakukan transaksi.

 
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Kemudahan, Promosi, Kepuasan Transaksi
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ANALISIS KINERJA PEDAGANG PASAR ALAI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
 
Mery Trianita, Yuhelmi
 
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta, merytrianita@yahoo.com, yuhelmis@yahoo.co.id
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh modal awal, lama usaha dan jam kerja terhadap kinerja pedagang pasar alai Padang. Adapun yang menjadi responden adalah semua pedagang yang berjualan di pasar alai yang memiliki toko , berbagai jenis usaha dan omzet yang hampir sama. Pengambilan sample dilakukan dengan sensus dimana semua populasi menjadi sampel dalampenelitian ini sebanyak 56 orang pedagang. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini menggunakan analisa regresi linear berganda. Hasil analisis didapat bahwa modal awal dan lama usaha mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja pedagang pasar alai. Sedangkan Jam kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja pedagang Pasar Alai.

 
Kata Kunci : Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG CAFE KOPERASI KELUARGA BESAR (KKB) UNIVERSITAS BUNG HATTA
 
Nailal Husna, Daniati Puttri, Rika Desiyanti
 
UBH Jln. Bagindo Aziz Chan, By Pass Aie Pacah, Padang, 23133. nailalhusna@bunghatta.ac.id, daniati_puttri@bunghatta.ac.id, rikadyanti@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh atmosphere, kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengunjung Cafe Koperasi Keluarga Besar (KKB) Universitas Bung Hatta. Dan dalam hal teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode aksidental sampling yaitu sampel yang ditemui di Cafe Koperasi Keluarga Besar (KKB) Universitas Bung Hatta. Hasil penelitian variabel (H1) atmosphere tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas, sedangkan variabel (H2) kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pada pengunjung Cafe Koperasi Keluarga Besar (KKB) Universitas Bung Hatta.

 
Kata Kunci : Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Loyalitas
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
download cover Vol.5 No. 3 Tahun 2017