Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 5, Nomor 2, Mei 2017



 
PENGARUH ORGAZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN PASAMAN
 
Endarwita
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : endarwita@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh Orgazational Citizenship Behavior dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Orgazational Citizenship Behavior (X1) dan Stres Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Orgazational Citizenship Behavior (X1) dan Stres Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y) adalah 0,586 (R2 = 58,6). Uji f menunjukan kedua variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebesar 17.491.

 
Kata Kunci : Orgazational Citizenship Behavior, Stres Kerja, Kinerja Pegawai
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA
 
Citra Suci Mantauv
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat Pasaman Barat, Sumatera Barat, 26368 Indonesia 26368 Email : chytra175@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Promosi dan Lokasi terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik convenience sampling. Model analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Dengan nilai konstanta (?) adalah 8,418 sedangkan nilai koefisien Promosi 0.367 dan lokasi 0.432. Berdasarkan hasil analisis data dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai R-squre sebesar 0,773. Uji f menunjukan kedua variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

 
Kata Kunci : Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PT. HANJAYA MANADALA SAMPOERNA, TBK
 
Mardahleni
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam,Ophir 26368 Email : mardahlenitanjung@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Evaluasi keuangan merupakan suatu hal yang sangat fundamental bagi suatu perusahaan. Dengan dilakukan evaluasi yang wajar terhadap laporan keuangan perusahaan maka akan didapat informasi mengenai kinerja keuangan perusahaan pada priode tertentu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana kinerja keuangan PT Hanjaya Mandala Sampoerna, tbk dilihat dari analisis rasio profitabilitas. Sumber data penelitian ini adalah dokumentasi berupa laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan laporan rugi laba yang disusun oleh PT. Hanjaya Mandala Sampoerna, Tbk selama tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yaitu analisis data dengan melakukan perbandingan terhadap hasil analisis rasio keuangan (Rasio Profitabilitas) untuk periode yang akan diteliti. Hasil Analisis menunjukan bahwa dari rasio Gros Profit Margin (GPM) dan Net Profit Margin (NPM) kinerja keuangan perusahaan dinilai kurang baik karena tingkat rata-rata rasionya dibawah tingkat rata-rata industri. Sedangkan dari analisis Rasio Return On Equity (ROE) dan Return On Invesment (ROI) kinerja perusahaan dinilai baik karena tingkat rata-rata rasionya diatas tingkat rata-rata industri.

 
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, GPM, NPM, ROE, ROI
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALIATAS MAHASISWA DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Eko Putra
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Ophir 26368 Email : ekoputra@stieyappas.ac.id
 
ABSTRAK
 

Mahasiswa yang memiliki loyalitas tinggi merupakan aset Perguruan Tinggi karena akan memberikan rekomendasi yang positif dan mendorong teman, saudara maupun masyarakat lain untuk menentukan pilihan dan menggunakan jasa pendidikan yang telah dialaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk melngetahui agaimana Pengaruh Kepercayaan terhadap Loyalitas mahasiswa di STIE Pasaman.(2) Untuk mengetahui bagaiamana pengaruh kepuasan terhadap Loyalitas mahasiswa di STIE Pasaman. (3) Untuk mengetahui bagaiamana pengaruh Kepercayaan dan kepuasan terhadap Loyalitas mahasiswa di STIE Pasaman. Pengambilan sampel digunakan sampel Probabilitas (Probability Sampling) dengan menggunakan rumus slovin, dimana jumlah sampel penelitian ini adalah 85 orang. Hasil analisis regresi linear berganda dapat diinterpretasikan bahwa variabel kepercayaan, dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas karena memiliki nilai signifikan lebih kecil dari ? = 0,05. Berdasarkan pengaruh secara bersama-sama antara kepercayaan, dan kepuasan terhadap loyalitas pada mahasiswa STIE Pasaman adalah 59,3% (R2=0,610). Berarti 39% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini.

 
Kata Kunci : Kepercayaan, kepuasan dan loyalitas
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KOMPETENSI TENAGA PENJUALAN, KUALITAS HUBUNGAN DAN SISTEM KONTROL TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN (STUDI KASUS PADA PT. BRI CABANG SOLOK)
 
Mega Usvita
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zamzam, Pujarahayu Ophir, 26368. Email : megausvita@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh kompetensi tenaga penjualan, kualitas hubungan dan sistem kontrol terhadap kinerja tenaga penjualan (Studi kasus pada PT. BRI Cab.Solok). Populasi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana semua karyawan account officer (AO) yang berjumlah 60 orang. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel kompetensi tenaga penjualan (X1), kualitas hubunga (X2) dan sistem kontrol (X3) berpengaruh positif dan signifikan kinerja tenaga penjualan (Y) dengan tingkat signifikannya adalah 0,000. Besarnya pengaruh kompetensi tenaga penjualan (X1), kualitas hubungan (X2) dan sistem kontrol (X3) terhadap kinerja tenaga penjualan (Y) adalah 0,307 (R2 = 30,7%).

 
Kata Kunci : Kompetensi Tenaga Penjualan, Kualitas Hubungan, Sistem Kontrol, Kinerja Tenaga Penjualan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PEMANDIAN LUBUK TAMPURUNG DI KELURAHAN KURANJI KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG PROVINSI SUMATERA BARAT
 
Helmawati
 
Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang Email: helmapadang@yahoo.co.id
 
ABSTRAK
 

Satu-satunya objek wisata yang berbasiskan air terjun di Kota Padang adalah Objek Wisata Pemandian Lubuk Tampuruang. Objek wisata ini masih alami, belum mendapat binaan dari pemerintah setempat maupun dari kalangan pihak swasta berada Kelurahan Belimbing Kecamatan Belimbing di Provinsi Sumatera Barat. Tujuan penelitian ini untuk memformulasikan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan objek wisata. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT, yaitu dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan (internal), serta peluang dan ancaman (eksternal) yang ada di Objek Wisata Pemandian Lubuk Tampuruang. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini, kekuatan utamanya adalah satu-satunya objek wisata air terjun yang ada ditengah kota yang gampang di jangkau, kelemahannya adalah sarana dan prasarana yang tidak memadai. Peluang objek wisata ini adalah menjadi objek wisata yang lebih bermutu. Dan ancaman yang akan diantisipasi adalah bencana alam yang tiba-tiba akan memberikan dampak negatif dan menghambat pengembangan objek wisata. Strategi yang disarankan dalam pengembangan Objek Wisata Pemandian Lubuk Tampuruang ini adalah strategi SO (Strengths Opportunitis) yaitu strategi memaksimalkan kekuatan yang ada di objek wisata ini untuk meraih peluang yang akan menjadikan objek wisata ini lebih baik lagi dari sebelumnya

 
Kata Kunci : Internal, Eksternal, SWOT, Pariwisata
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH PELATIHAN DAN KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI KERJA PADA BADAN ASET DAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Endang Tirtana Putra
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : endangtirtana@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja pada Badan Aset dan Pendapatan Daerah Kabupaten Pasaman Barat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Aset dan Pendapatan Daerah Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Pelatihan (X1) dan Kompetensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Pelatihan (X1) dan Kompetensi (X2) terhadap Prestasi Kerja (Y) adalah 0,641 (R2 = 64.1).

 
Kata Kunci : Pelatihan, Kompentensi, Prestasi Kerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
download cover Vol.5 No. 2 Tahun 2017