Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 5, Nomor 1, Januari 2017



 
ANALISIS PERSEPSI ATAS ASPEK PEMASARAN KACANG GORENG TALU SERTA PENGARUHNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN
 
M. Saleh Lubis dan Asraf
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Pujarahayu Ophir 26368. Email : salehlubis_17@yahoo.
 
ABSTRAK
 

Kacang goreng Talu yang secata turun temurun dihasilkan pengrajinnya di daerah Talu memiliki cita rasa yang gurih. Produk ini sangat potensial untuk dikembangkan sebagai usaha masyarakat daerah ini dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Agar Upaya Pemerintah Daerah efektif mengembangkan produk ini menjadi suatu bisnis masyarakat yang besar, harus didukung oleh konsep pemasaran yang profesional. Sebagai masukan awal bagi dirancangnya strategi pemasaran yang baik, penelitian ini menganalisis bagaimana tingkat persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran yang diterapkan selama ini dan bagaimana korelasinya dengan loyalitas pelanggan. Tingkat persepsi diukur dengan konsep TCR dan dikonfirmasikan dengan skala yang dibuat Arikunto. Hasil penelitian menunjukkan hanya kualitas produk yang dinilai sudah baik sementara variabel harga dalam tingkat cukup, promosi dan saluran distribusi masih berada pada tingkat kurang. Sedangkan loyalitas konsumen atas produk ini berada pada tingkat loyal. Satu-satunya variabel dalam bauran pemasaran yang berkorelasi dengan loyalitas konsumen itu adalah kualitas produk. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa untuk pengembangan usaha Kacang Goreng Talu kedepan, kualitas produk harus dipertahankan terutama cita rasa, sementara keterjaminan standar mutu dan kemasan harus ditingkatkan. Untuk memperluas jangkauan pemasaran produk ini harus dilakukan pembenahan aspek harga, promosi dan saluran distribusi.

 
Kata Kunci : Loyalitas konsumen, produk, harga, promosi dan saluran distribusi.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG
 
Zeshasina Rosha
 
Dosen Program Studi ManajemenFakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Kampus II Universitas Bung Hatta. Jl. Bagindo Aziz Chan, Aia Pacah, Padang Emai
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap mahasiswa terhadap keputusan memilih Universitas Bung Hatta. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 318 orang yang diambil dengan teknik proportionate cluster random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji-t) untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Bung Hatta Padang; (2) persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Bung Hatta Padang; (3) sikap tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Bung Hatta Padang.

 
Kata Kunci : motivasi, persepsi, sikap, dan keputusan pemilihan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
IMPLEMENTASI UU NO 40 TAHUN 2007, TENTANG COORPORATE SOCIAL RESPONBILITY CSR DALAM UPAYA UPT PERPUSTAKAN STIE PASAMAN MEMPEROLEH MANFAATNYA PADA 8 PERUSAHAAN DI KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Nur Hamzah dan Zuhafni St. Parapatiah
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Pujorahayu Ophir, 26368. Email : nurhamzah165@gmail.c
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini untuk mengamati bagaimana Implementasi UU NO 40 Tahun 2007, tentang CSR dalam upaya UPT Perpustakan STIE Pasaman memperoleh Manfaatnya pada 8perusahaan di Kabupaten Pasaman Barat. Populasi dalam penelitian ini 8 perusahaan dimana teknik pengambilan sampelnya teknik survey. Dari penelitian ini di dapatkan masih kurang baiknya 3 perusahaan dalam implementasi CSR, 1 perusahaan baik, 2 perusahaan cukup Baik dan 2 perusahaan sangat baik dalam responnya terhadap pelaksanaan CSR pada UPT Pustaka STIE Pasaman.

 
Kata Kunci : CSR, Pustaka, Pendidikan.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN RELIGIUS TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH SD EL MA’ARIF- PASAMAN BARAT
 
Erdawati
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Pujarahayu Ophir, 26368 Email: erdawati_se13@yahoo.co
 
ABSTRAK
 

Pendidikan Sekolah Dasar khusus kabupaten pasaman barat jumlah SD telah cukup, dan hampir dapat dipastikan pada setiap Jorong terdapat SD, mereka bersaing untuk mendapatkan siswanya dengan cara meningkatkan mutu/ kwalitas pendidikan, pasilitas dan sarana prasarana lainnya. Berangkat dari persaingan ini sekolah swasta mulai menampakkan diri dengan mengacu kepada kwalitas, pasilitas termasuk pelayanan program Asrama (Boarding school) bagi sekolah yang berbasis Agama. SD EL-Ma’arif telah menampakkan keunggulan baik dari kwalitas mutu pendidikan yang berangkat kegiatan pembelajaran maupun kegiatan wadah sebagai pengembangan diri. Khusus SD Swasta berupaya agar menjadi pilihan oleh orang tua untuk tempat pendidikan anaknya. Factor sosial, faktor pribadi dan faktor religius adalah diantara faktor-faktor yang dapat mempengaruhi orang tua dalam pengambilan keputusan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner yang memuat instrument sebagai pengukuran variabel.populasi adalah orang tua siswa yang aktif tahun akademik 2006/2017 berjumlah 326, untuk penarikan sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 77 orang. Hasil Analisis regresi linear berganda Faktor social, factor pribadi dan factor religius memberikan kontribusi sebesar 33,3 % terhadap keputusan orang tua memilih SD El-Ma’arif. Implikasi praktis dari penelitian ini kepada pihak manajemen untuk dapat mencari strategi atau factor-faktor untuk pengembangan pendidikan kearah yang lebih baik.

 
Kata Kunci : Faktor sosial, faktor pribadi, faktor religious, keputusan orang tua.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN HOLTIKULTURA DAN PETERNAKAN KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Yurasti
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Pujarahayu Ophir, 26368. Email : yurastilbs@yahoo.co.
 
ABSTRAK
 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kontrak di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah sampel 31 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen penelitian adalah kuisioner. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Kompensasi (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Kompensasi (X1) dan Kepuasan Kerja (X2) terhadap Kinerja (Y) adalah 0,481 (R2 = 48.1).

 
Kata Kunci : Kompensasi, Kepuasan Kerja, Kinerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN DAN PERSEPSI AKAN RESIKO MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survey Pada Konsumen Lazada.co.id)
 
Mega Usvita
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Pujarahayu Ophir, 26368. Email : megausvita@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh kemudahan, kepercayaan dan persepsi akan resiko menggunakan e-commerce terhadap keputusan pembelian online (survey pada konsumen lazada.co.id). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah mengunjungi situs Lazada.co.id dengan jumlah sampel 100 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling Purposive Sampling dimana metode penetapan sampel dengan berdasarkan pada kriteria tertentu. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel kemudahan (X1), kepercayaan (X2), persepsi akan resiko (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh kemudahan (X1), kepercayaan (X2), persepsi akan resiko (X3) terhadap keputusan pembelian online (Y) adalah 0,314 (R2 = 31,4%).

 
Kata Kunci : Kemudahan, Kepercayaan, Persepsi Akan Resiko, Keputusan Pembelian
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI
 
Endarwita
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl. Mayor Said Zam Zam, Pujarahayu, Ophir, 26368. Email: endar.wita@yahoo.co.
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Bappeda di Kabupaten Pasaman Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pegawai di Bappeda Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah sampel 53 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Pelatihan (X1) dan Motivasi Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Pelatihan (X1) dan Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja (Y) adalah 0,573 (R2 = 57,3).

 
Kata Kunci : Pelatihan, Motivasi Kerja, Kinerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ANALISA RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI ALBASIKO II KECAMATAN KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Mardahleni dan Roza Gustika
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat, Pasaman Barat Jl.Mayor Said Zam Zam, Pujorahayu Ophir, 26368. Email: mardahlenitanjung@gma
 
ABSTRAK
 

Koperasi sebagai badan usaha yang berbadan hukum juga perlu untuk melihat perkembangan kinerja keuangannya. Dengan demikian koperasi dapat mengetahui bagaimana kemampuan mereka dan bagaimana efisiensi yang mesti dilakukan untuk selalu menjaga kondisi keuangan agar tetap meningkat dari waktu ke waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kinerja keuangan perusahaan pada Koperasi Albasiko II tahun 2013-2015 dengan menggunakan rasio keuangan. Kinerja koperasi Alabsiko II kecamatan kinali Kabupaten Pasaman Barat berdasarkan rasio likuiditas tidaklah stabil. Dimana dari perhitungan rasio pada tahun 2013-2015 mengalami peningkatan dan penurunan. Berdasarkan rasio solvabilitas kurang baik dari tahun 2013-2015 yang disebabkan karena hutang koperasi yang selalu meningkat tiap tahun. Berdasarkan rasio profitabilitas adalah cukup baik. Dimana dari tahun 2013 ke Tahun 2014 mengalami peningkatan yang cukup tingggi yaitu NPM sebesar 22% menjadi 31%. Walaupun tahun 2015 turun menjadi 30% yang tidak begitu signifikan.

 
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
download cover Vol.5 No. 1 Tahun 2017