Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 4, Nomor 3, September 2016



 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PUBLIK DENGAN KEPUASAN PUBLIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING: PERAN NILAI PELANGGAN SEBAGAI MODERASI
 
Sefnedi
 
Dosen Pascasarjana Magister Ilmu Manajemen, Universitas Bung Hatta Padang. Email : sefnediphd@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh intervensi kepuasan pelanggan pada hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan dan peran nilai pelanggan sebagai moderator. Populasi penelitian ini adalah semua seluruh masyarakat yang menerima kualitas pelayanan penerbitan akta kelahiran di periode Agustus-Desember 2014 yang menyumbang 351 pelanggan dan jumlah sampel yang dapat digunakan adalah 187 pelanggan. Untuk menguji hipotesis, penelitian ini melakukan analisis regresi sederhana dan hirarkis. Hasil analisis ditampilkan bahwa kualitas pelayanan secara positif mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan ditemukan memiliki efek positif pada loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan terbukti sebagai variabel intervening pada hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan, dan nilai pelanggan moderator hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan.

 
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Customer Value, dan Loyalitas Pelanggan.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN MEREK DAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI PASAMAN BARAT
 
Eko Putra
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat. Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : eko_koe85@yahoo.co.id
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh Promosi dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Pasaman Barat . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Pasaman Barat yang mengetahui produk sepeda motor Yamaha dengan jumlah sampel 100 0rang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan Covienence Sampling. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Promosi (X1) dan Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Promosi (X1) dan Kepercayaan Merek (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah 0,552 (R2 = 55,2). Uji f menunjukan kedua variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebesar 36.435.

 
Kata Kunci : Promosi, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
MODEL KARAKTERISTIK DAN PERANAN PEKERJA INFORMAL DI KOTA PADANG
 
Erni Febrina Harahap
 
Universitas Bung Hatta, Padang.
 
ABSTRAK
 

Keberadaan dan kelangsungan kegiatan sektor informal dalam sistem ekonomi kontemporer bukanlah gejala negatif, namun lebih sebagai realitas ekonomi kerakyatan yang berperan cukup penting dalam pembangunan masyarakat dan pembangunan nasional.Setidaknya, ketika pemerintah kurang mampu menyediakan peluang kerja bagi angkatan kerja, maka sektor informal dengan segala kekurangannya mampu berperan sebagai penampung dan alternatif peluang kerja bagi para pencari kerja tersebut. Hal ini juga dialami kota Padang baik akibat pasca gempa 2009 yang meluluhlantakkan beberapa sarana dan prasarana termasuk juga di saat yang sama adanya krisis ekonomi sehingga mengakibatkan masyarakat terpaksa menganggur dan untuk sementara dapat diredam dengan tersedianya peluang kerja di sektor informal di perkotaan yang dicerminkan oleh Pedagang Kaki Lima (PKL) sebagai wajah utamanya. Penelitian ini mengkaji dan menganalisis secara mendalam karakteristik identifikasi pekerja informal di Kota Padang dari sisi demografi, daerah asal, lama usaha dijalankan, jam kerja, modal dan keuangan, pekerja dan kesehatannya, hingga permasalahan dan prospeknya. Metodologi yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan data random sampel sejumlah 255 pedagang kaki lima. Adapun hasil penelitian yang ditemukan bahwa peranan kaum perempuan lebih menonjol dari kaum lelaki untuk bekerja di sector ini, dan tingkat pendidikan para pekerja dengan anggota keluarganya ternyata tidak terlalu jauh berbeda yaitu hanya sampai SMA sederajat, dan pekerja di sector ini didominasi masyarakat setempat, dengan modal awal yang diperoleh dari tabungan sendiri dengan dana paling dominan sebesar ? dua juta rupiah, dan berperan penting dalam perekonomian kota Padang serta mampu memberikan pelatihan dan pengalaman dengan biaya yang murah.

 
Kata Kunci : pekerja informal, jenis usaha, peranan, pendidikan, prospek
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN PRICE TERHADAP CUSTOMERS SATISFACTION PADA PENGGUNA HANDPHONE SAMSUNG DI KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
Citra Suci Mantauv
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat. Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : chytra175@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh Product Quality dan Price Terhadap Customers Satisfaction pada pengguna handphone Samsung di Kabupaten Pasaman Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna handphone samsung di Kabupaten Pasaman Barat dengan jumlah sampel 100 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan teknik Convinience sampling. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Product Quality (X1) dan Price (X2) berpengaruh signifikan terhadap Customers Satisfaction (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Product Quality (X1) dan Price (X2) terhadap Customers Satisfaction (Y) adalah 0,423 (R2 = 42,3).

 
Kata Kunci : Product Quality, Price, Customers Satisfaction
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTENSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUNG HATTA UNTUK BERWIRAUSAHA
 
Daniati Puttri, Nailal Husna
 
Jur. Akuntansi&Manajemen, Fak. Ekonomi, Universitas Bung Hatta,Padang. daniati_puttri@bunghatta.ac.id, nailalhusna@bunghatta.ac.id
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Padang. Populasi meliputi seluruh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta yang telah menyelesaikan mata kuliah kewirausahan semester ganjil 2015/2016. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling yaitu sampel yang dekat dan dapat ditemui dengan mudah serta yang sesuai dengan penelitian ini, telah diperoleh sebanyak 150 responden. Hasil pengujian hipotesis adalah latar belakang keluarga tidak berpengaruh terhadap intensi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta untuk berwirausaha. Sedangkan ciri kepribadian berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta

 
Kata Kunci : Latar Belakang Keluarga, Ciri Kepribadian dan Intensi Berwirausaha
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN STIE PASAMAN
 
Wildan
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat.
 
ABSTRAK
 

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengungkapan : (1) Pengaruh Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja dan Disiplin kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Karyawan (2) Pengaruh komitmen Organisasi, Motivasi Kerja dan Disiplin kerja secara Parsial Terhadap Kinerja Karyawan. Populasi penelitian ini adalah semua karyawan Pada STIE Pasaman yang berjumlah 36 orang. Sampel diambil dari semua populasi yaitu 36 orang. Dari Penyebaran kuesioner kepada 36 responden,yang kembali hanya 35 buah kuesioner yang berasal dari 36 orang responden. Metode análisis menggunakan análisis regresi berganda. Hasil penelitian didapatkan : 1) Pengaruh komitmen Organisasi (X1), motivasi kerja (X2), disiplin kerja (X3) secara bersama-sama terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah sebesar 0,519 dengan Sig. F sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa kompetensi (X1) motivasi kerja (X2) dan disiplin kerja( X3) terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan Pada STIE Pasaman. 2) Secara parsial komitmen organisasi, motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja karyawan. Akhirnya penulis menyarankan dari hasil penelitian ini untuk meningkat Komitmen organisasi, Motivasi Kerja dan disiplin kerja sesuai dengan indikatornya masing-masing dan bagi peneliti lain dapat melanjutkan penelitian ini agar keterbatasan dalam penelitian ini dapat disempurnakan.

 
Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Motivasi Kerja, Disiplin kerjai, Kinerja Karyawan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH “ROA” DAN “DER” TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
 
Zuhafni ST Perpatih
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat.
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), 2) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), 3) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 s/d 2014. Pengambilan sampel menggunakan metoda purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu. Sampel penelitian sebanyak 17 perusahaan. Hasil penelitian menemukan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Return On Assets (ROA) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR), 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Koefisien determinasi untuk variable bebasnya dilihat dari angka R Square adalah 0,645. Hal ini berarti 64,5% variasi dari Dividend Payout Ratio (DPR) dijelaskan oleh variasi dari kedua variable independen Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER).

 
Kata Kunci : ROA, DER dan Dividend Payout Ratio
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.PERKEBUNAN NUSANTARA VI (PERSERO) UNIT USAHA OPHIR
 
Nurhamzah
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat. Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : nurhamzah@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksud untuk melihat bagaimana pengaruh Iklim Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja karyawan PT. PN VI. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 orang, dimana teknik penarikan sampel menggunakan teknik suvey. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Iklim Organisasi (X1) dan Komitmen Organisasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) dengan tingkat signifikan 0,000. Besarnya pengaruh Iklim Organisasi (X1) dan Komitmen Organisasi (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) adalah 0,671 (R2 = 67,1). Uji f menunjukan kedua variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebesar 89.122.

 
Kata Kunci : Iklim Organisasi, Komitmen Organisasi, kinerja Karyawan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
download cover Vol.4 No. 3 Tahun 2016