Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 3, Nomor 2, Mei 2015



 
ANALISIS PERILAKU PATUH MEMBAYAR PAJAK PADA WAJIB PAJAK DI KABUPATEN PASAMAN BARAT DENGAN APLIKASI THEORY OF PLANNED BEHAVIOR
 
ASRAF
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : drsasraf@yahoo.co.id
 
ABSTRAK
 

Tingkat kesadaran wajib pajak yang tinggi sangat penting didalam memaksimalkan penerimaan pajak pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan mengaplikasikan theory of planned behavior untuk meneliti perilaku patuh wajib pajak di Pasaman Barat guna memahami faktor-faktor yang mendorong mereka menunaikan kewajibannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh wajib pajak di Pasaman Barat. Hasil pengujian menunjukkan sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap niat dan perilaku patuh, sementara norma subjektif, sangsi hukum dan kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh signifikan. Sangsi hukum merupakan variabel paling berpengaruh terhadap niat dan perilaku patuh wajib pajak. Penelitian ini memberikan makna bahwa kepatuhan membayar pajak bukan karena mereka memiliki sikap yang positif dengan kewajiban membayar pajak, akan tetapi ancaman sangsi hukum merupakan pendorong utama. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi institusi pajak khususnya di Pasaman Barat, untuk meningkatkan target penerimaan pajak dalam jangka pendek dapat melalui pendekatan hukum. Namun untuk jangka panjang, tingkat kesadaran para wajib pajak perlu dibangun bukan hanya dengan penyuluhan saja tapi perlu sikap konsekwen dari aparat pajak agar dalam pelayanannya senantiasa mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih.

 
Kata Kunci : Perilaku patuh, niat, sikap, norma subjektif, sangsi hukum dan control perilaku dipersepsikan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PEMBENTUKAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA
 
M. SALEH LUBIS
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan dalam rangka meneliti bagaimana pengaruh iklim organisasi dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan. Objek penelitian adalah karyawan STIE Pasaman Simpang Empat sebanyak 41 orang yang kesemuanya dijadikan responden. Peneltian dilakukan dengan metode pengujian hubungan kausalistik antar variabel dimana variabel diukur dengan instrument berbentuk skala Likert. Hasil pengujian menunjukkan bahwa iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap OCB, komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap OCB, iklim organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja dan OCB berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa pimpinan STIE Pasaman Simpang Empat didalam meningkatkan kinerja karyawan melalui peningkatan OCB harus dimulai dengan upaya peningkatan iklim organisasi dan komitmen organisasi.

 
Kata Kunci : Kinerja, organizational citizenship behavior (OCB), iklim organisasi dan komitmen organisasi
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
 
CITRA SUCI MANTAUV
 
ekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : chytra175@gmail.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Service Quality mempengaruhi Loyalitas Nasabah dan melihat pula apakah Kepuasan Nasabah berperan sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel Service Quality (X) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y) dimana koefisien regresinya adalah 0,308 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Namun, nilai koefisien regresi variabel Service Quality (X) tersebut mengalami kenaikan dari 0,308 menjadi 0,589. Variabel Kepuasan Nasabah (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah (Y) dengan nilai koefisien regresi adalah 0,261 dan tingkat signifikannya sebesar 0,000. Besarnya pengaruh Service Quality terhadap Loyalitas Nasabah (Y) adalah 0,556 (R2 = 55.6). Dengan kata lain terjadi peningkatan pengaruh variabel Service Quality terhadap Loyalitas Nasabah (Y) dengan adanya variabel intervening (Kepuasan Nasabah) sebesar 16.5% atau dari 55.6% menjadi 7.21%. Berarti dapat diinterprestasikan bahwa variabel Kepuasan Nasabah (I) memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara variabel Service Quality (X) terhadap Loyalitas Nasabah (Y).

 
Kata Kunci : Service Quality, Loyalitas Nasabah, Kepuasan Nasabah
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH EKUITAS MEREK DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA DI PASAMAN BARAT
 
EKO PUTRA
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368.
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Ekuitas Merek dan Country Of Origin mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Toyota di Kabupaten Pasaman Barat. Dari hasil penelitian ini didapatkan variable ekuitas merek (X1) dan country of origin (X2) bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Besarnya pengaruh ekuitas merek (X1) dan country of origin (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah 0,334 atau 33,4%, yang artinya kontribusi pengaruh variable ekuitas merek dan contry of origin terhadap keputusan pembelian mobil Toyota di Kabupaten Pasaman Barat sebesar 33, 4 %, sisanya 66,6 % dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini.

 
Kata Kunci : Ekuitas Merek, Country Of Origin dan Keputusan Pembelian.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ANALISIS PENDAPATAN DAN POLA PENGELUARAN RUMAH TANGGA NELAYAN DI WILAYAH SASAK RANAH PASISIA KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
ZALMI
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : zalmi.se@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan besarnya pendapatan sebagai penangkap ikan dan sebagai buruh tani sawit pada nelayan wilayah sasak, serta mengetahui pola pengeluaran rumah tangga nelayan Sasak Ranah Pasisia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pendapatan nelayan, juga diharapkan dapat memberikan informasi pada pemerintah untuk menentukan strategi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan diwilayah sasak khususnya. Metoda penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau mengambarkan data yang telah terkumpul. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu peneliti menetapkan sampel dengan pertimbangan tertentu seperti nelayan kecil yang menangkap ikan dengan cara tradisional yang memilki dan memilki prosesi tambahan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah Tingkat pendapatan rata-rata nelayan sasak ranah pasisiah yang diperoleh dari hasil melaut adalah sebesar Rp 1.200.000 per bulan. Sementara pendapatan rata-rat nelayan sebagai buruh tani adalah sebesar Rp 1.350.000 per bulan. Total pendapatan rata-rata nelayan dari melaut dan non melaut adalah sebesar Rp 2.550.000 per bulan. Dan 71 % dikontribusikan untuk pengeluaran rumah tangga.Pengeluaran rumah tangga nelayan sasak ranah pasisia terdiri dari pengeluaran pangan dan nonpangan. Dimana pengeluaran pangan 76 % dan non pangan 24 %. Dengan demikian rumah tangga nelayan Sasak Ranah Pasisia tergolong dalam rumah tangga dengan tingkat kesejahteraan rendah karena pengeluaran pangan lebih besar dari pada persentase pengeluaran nonpangan.

 
Kata Kunci : Nelayan, Buruh Tani, Pendapatan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN LQ 45
 
LAELA SUDIANI
 
Universitas Andalas
 
ABSTRAK
 

This research aims to examine the influence fundamental factors (ROE, DER, and Current Ratio) to performance of LQ 45 companies ( the companies performance are indicated by Price Book Value). The research period was from 2010 to 2013. Through purposive sampling methode, the research found 15 companies as sampling companies. Hipotesis examination was conducted using multiple linear regression with SPSS program. The result of the reasearch reveals that ROE, DER and CR influence LQ 45 companies performance simultanoesly while parsial examination shows ROE has influence LQ 45 companies performance positively, DER negatively influence the performance and finally, CR has no significant influence LQ 45 companies performance.

 
Kata Kunci : ROE, DER, CR and company performance
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK NAGARI CABANG LUBUK SIKAPING
 
YURASTI
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email : yurastilbs@yahoo.co.id
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh nasabah yang menggunakan jasa Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah eksidental sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri atas Tangible (X1), Emphaty (X2), Responsiveness (X3), Reliability (X4), dan Assurance (X5) mempunyai pengaruh yang positif. Dimana persamaan regresi Y = 10,671 + 0,688X1 + 0,057X2 + 0,318X3 + 0,996X4 0,209X5 + e. Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < ? 0,05. Sedangkan berdasarkan uji parsial (t), semua variabel juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat signifikansi untuk Tangible sebesar 0,001 ; Empathy sebesar 0,001; Responsiveness 0.001; Reliability sebesar 0,000; Assurance sebesar 0,004.

 
Kata Kunci : Kepuasan Nasabah, Tangible, Emphaty, Responsiveness, Reliability, dan Assurance.
 
download full text
sudah didownload sebanyak : kali
..................................................
download cover Vol.3 No. 2 Tahun 2015