Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 2, Nomor 3, September 2014



 
PENGARUH PRODUK, PROSES DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK KREDIT BPR SWADAYA ANAK NAGARI DENGAN FAKTOR SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATOR.
 
Asraf
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email
 
ABSTRAK
 

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memiliki peran yang penting dalam perekonomian Indonesia khususnya dalam meningkatkan sektor ekonomi menengah dan kecil. Namun perubahan-perubahan yang terjadi dewasa ini membuat posisi BPR berada dalam tingkat persaingan yang tinggi sehingga strategi pemasaran yang jitu diperlukan didalam memenangkan persaingan itu. Kepuasan dan loyalitas sebagai bentuk perilaku nasabah setelah keputusan memilih produk bank sangat penting untuk diperhatikan sehingga penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih dari nasabah perlu diteliti lebih seksama. Artikel ini bermaksud untuk mengungkap bagaimana pengaruh variabel produk, proses dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk kredit pada BPR Swadaya Anak Nagari serta untuk melihat apakah variabel sosial berperan sebagai moderator pada pengaruh variabel-variabel independen diatas terhadap keputusan memilih nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah kredit pada bank ini yang berjumlah 446 nasabah dan dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 211 nasabah. Penelitian ini berpentuk asosiatif dan pengukuran variabel dengan kuesioner melalui instrument yang dikuantifisir dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, proses, kualitas pelayanan dan variabel sosial bila ditempatkan sebagai variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk kredit pada BPR Swadaya Anak Nagari. Variabel sosial juga memberikan efek moderating pada pengaruh produk dan kualitas pelayanan namun tidak pada variabel proses. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa variabel produk, proses, kualitas pelayanan dan faktor sosial merupakan variabel-variabel penting bagi BPR Swadaya Anak Nagari untuk terus ditingkatkan agar bobot keputusan memilih nasabah terhadap produk kredit yang ditawarkan meningkat sehingga pertumbuhan bisnis perusahaan ini akan menjadi semakin baik.

 
Kata Kunci : Keputusan memilih, produk, proses, kualitas pelayanan dan faktor sosial
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 98 kali
..................................................
 
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SIMPANG EMPAT
 
Endang Tirtana Putra 1 Yelvia Yunita 2
 
1,2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email
 
ABSTRAK
 

Dunia pendidikan dewasa ini menghadapi tantangan berat khusunya dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi dalam pasar tenaga kerja global. Kinerja guru sangat penting dalam mensukseskan program pendidikan nasional. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi. Penelitian ini menganalisa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru pada SMA N 1 Simpang Empat. Populasinya adalah para guru di sekolah ini yang berjumlah 82 orang karna jumlah populasi dibawah 100 maka semua populasi dijadikan responden. Pengkuran variabel dilakukan dengan seperangkat instrumen yang dikuantifisir dengan skala likert. Hasil analisis dengan regresi linier berganda menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Simpang Empat. Begitu juga budaya organisasi berpengaruh positif dan dignifikan terhadap kinerja guru SMA N 1 Simpang Empat. Pengaruh Kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi memberikan kontribusi sebesar 50,1% terhadap kinerja guru SMAN 1 Simpang Empat dan sisanya sebesar 49,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis kepada pihak SMAN 1 Simpang Empat agar kinerja guru dapat ditingkatkan, perlu dilakukan peningkatan pada kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi.

 
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 89 kali
..................................................
 
PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWAMEMILIH STIE PASAMAN SIMPANG EMPAT
 
Erdawati
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email
 
ABSTRAK
 

Perguruan Tinggi memainkan peranan penting didalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Bertolak dari peran strategisnya itu sejumlah Perguruan Tinggi seakan berlomba untuk berbenah diri agar didalam menjalankan peranannya itu berjalan sebagaimana diharapkan. Eksistensi Perguruan Tinggi khususnya yang dikelola pihak swasta sangat tergantung dengan jumlah mahasiswa yang memilih untuk kuliah di suatu perguruan tinggi. Dewasa ini sejumlah Perguruan Tinggi terlihat antusias berupaya agar menjadi pilihan calon mahasiswa baru. Motivasi, persepsi dan promosi adalah diantara faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi calon mahasiswa untuk memilih suatu Perguruan Tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi, promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih STIE Pasaman- Simpang Empat. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang memuat instrument pengukuran variabel penelitian yang dikuantifisir dengan skala Likert. Tehnik analisa data dengan pengujian melalui uji regresi linier berganda. Populasi adalah mahasiswa program studi manajemen pada semester ganjil tahun akademik 2013/2014 yang berjumlah 647 orang. Penarikan sampel dengan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 248 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi, persepsi dan promosi masing-masing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasis didalam memilih berkuliah di STIE Pasaman Simpang Empat. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pimpinan STIE Pasaman Simpang Empat bahwa untuk meningkatkan bobot keputusan mahasiswa didalam memilih kuliah di Perguruan Tinggi ini yang berimplikasi juga paka tingkat kepuasan dan loyalitas sebagai perilaku paska pemilihan, maka perlu peningkatan pada aspek motivasi, persepsi dan promosi.

 
Kata Kunci : Motivasi, persepsi, promosi dan keputusan memilih
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 90 kali
..................................................
 
ANALISA TINGKAT PENYALURAN KREDIT DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA KBPR OPHIR PASAMAN BARAT
 
Fea Rini 1 Adriwilza 2 Yurasti 3
 
1,2,3 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat. Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Ema
 
ABSTRAK
 

Profitabilitas sebuah bank merupakan salah satu tolok ukur utama untuk menilai kinerjanya. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat profitabilitas sebuah bank. Tingkat ekspansi bank khususnya didalam mengalokasikan dana-dana yang dikuasainya pada pos-pos aktiva produktif khususnya pos kredit yang disalurkan merupakan faktor utama didalam meningkatkan pendapatan dan profit. Namun demikian faktorfaktor lainnya seperti pergeseran spread rate, perubahan tingkat efisiensi biaya, perubahan kualitas portofolio kredit, perubahan struktur dana, perubahan modal dan lain-lain juga sangat menentukan didalam mempengaruhi tingkat profitabilitas. Penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana pengaruh tingkat kredit yang disalurkan dengan menggunakan variabel LDR terhadap tingkat profitabilitas KBPR Ophir dengan parameneter ROA, ROE dan NPM. Sebagai dasar analisa digunakan data laporan keuangan bank ini pada periode 2010, 2011 dan 2012. Tehnik analisa data dilakukan dengan memperbandingkan rasio-rasio keuangan sebagaimana disebut diatas dari tahun ketahun selama 3 periode. Selanjutnya karakteristik pergeseran angka-angka rasio tersebut dikaji dengan melihat faktor-faktor lain yang turut memberi pengaruh diantaranya pergeseran pendapatan operasional, pendapatan non operasional, biaya-biaya, laba sebelum pajak, assets dan ekuitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan LDR pengaruhnya terhadap profitabilitas baik ROA, ROE maupun NPM tidak bersifat linear karena terdapat faktor-fakator lain yang juga memberikan pengaruh secara interaktif terhadap rasio-rasio profitabilitas. Faktor-faktor itu adalah faktor yang mempengaruhi secara langsung terhadap pendapatan, biaya dan laba diantaranya perubahan suku bunga, perubahan kualitas kredit dan lain-lain. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa untuk keperluan penyusunan rencana strategis khususnya dari aspek profitabilitas faktor LDR memang merupakan variabel penting, akan tetapi penggunaan variabel ini harus dikaji secara komprehensif yang meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya manajemen biaya, manajemen resiko, Assets Liability Management (ALMA) dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal meliputi kondisi ekonomi makro seperti pergerakan suku bunga di pasar uang, tingkat inflasi, iklim investasi, pertumbuhan ekonomi, dan lainlain.

 
Kata Kunci : Profitabilitas, Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Loan To
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 98 kali
..................................................
 
PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), RETURN ON ASSETS (ROA) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP RETURN SAHAM PADA PT BPR SWADAYA ANAK NAGARI
 
Zalmi 1 Fitri Yani 2
 
1,2 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat. Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Email
 
ABSTRAK
 

Bisnis Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya dalam bentuk kredit membuat permasalahan modal menjadi dinamis. Pertumbuhan assets yang bersumber dari dana masyarakat dan kredit macet membawa dampak pada perlunya penambahan modal. Dengan demikian, majemen BPR selalu berhadapan dengan masalah penambahan modal yang berarti perlunya usaha untuk meyakinkan calon pemodal bahwa modal yang akan disetornya akan aman dan profitable. Kinerja keuangan yang diformulakan dalam bentuk rasio-rasio seringkali dijadikan sebagai parameter untuk menggambarkan aspek keamanan dan profitabilitas tadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari LDR( Loan to Deposit Ratio ), ROA ( Return of Asset ) dan NPM ( Net Profit Margin ) terhadap return saham pada PT BPR Swadaya Anak Nagari, Pasaman Barat. Data yang digunakan adalah data laporan keuangan di PT BPR Swadaya Anak Nagari periode 2004-2013. Metode analisa data adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing variabel LDR, ROA dan NPM tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham karena nilai signifikansi > 0,05. Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi BPR Swadaya Anak Nagari agar didalam mempromosikan perusahaan kepada investor untuk menanamkan modalnya dalam bentuk saham pada perusahaan ini tidak cukup dengan menggunakan rasio-rasio keuangan, akan tetapi harus mengkaji lebih spesifik lagi faktor-faktor yang positif dari kekuatan dan peluang perusahaan untuk meraih tingkat profitabilitas usaha.

 
Kata Kunci : Return saham, Loan To Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM)
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 93 kali
..................................................
 
PENGARUH PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ATAS PRODUK ROUNDAP DI SIMPANG EMPAT
 
M. Saleh Lubis
 
Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman, Simpang Empat
 
ABSTRAK
 

Produk-produk penunjang dibidang pertanian dewasa ini memegang peranan penting didalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas dibidang pertanian. Produk herbisida merk Roundap merupakan salah satu produk penunjang pertanian yang telah memberikan kontribusi dibidang pertanian khususnya dalam membasmi gulma. Sejalan dengan berkembangnya modernisasi dibidang pertanian, aktivitas bisnis dibidang penyediaan sarana pertanian juga berkembang pesat dan dewasa ini tingkat persaingannya juga tergolong tinggi. Agar produk herbisida merk Roundup mampu tetap eksis dilingkungan persaingan yang ketat itu diperlukan strategi marketing yang baik. Salah satu variabel penting didalam pengembangan strategi marketing itu adalah kepuasan pelanggan. Semakin tingggi kepuasan pelanggan sangat dimungkinkan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sedangkan pelanggan yang loyal akan mampu meningkatkan penjualan dan laba. Diantara variabel penting yang mampu mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah produk dan harga. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh kedua variabel ini terhadap kepuasan pelanggan produk herbisida merk Roundap di Simpang Empat. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan produk ini di Simpang Empat. Karena jumlahnya tidak diketahui maka penarikan sampel dilakukan berdasarkan teori Maholtra dengan cara mengalikan jumlah instrument penelitian dengan 5. Dari metode ini diperoleh sampel sebanyak 65 orang yang ditentukan secara insidental. Pengukuran variabel dilakukan dengan skala Likert. Dari pengolahan data diperoleh hasil produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien sebesar 0,400 dan nilai signifikansi 0,000. Selanjutnya harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien sebesar 0,323 dan nilai signifikansi 0,001. Koefisien determinasi menunjukkan angka 0,462 atau 46,2% yang berarti kontribusi variabel produk dan harga dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan herbisida merk Roundap di Simpang Empat adalah sebesar 46,2% dan sisanya sebesar 53,8% lagi dipengaruhi variabel lainnya. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi produksen produk herbisida merk Roundap bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan perlu dilakukan peningkatan kualitas produk dan penetapan harga yang lebih sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

 
Kata Kunci : Kepuasan pelanggan, kualitas produk, harga
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 92 kali
..................................................
 
PENGARUH PEMASARAN PRODUK, KEUANGAN USAHA DAN DUKUNGAN PEMERINTAH TERHADAP KEBERHASILAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL ROTAN DI KOTA PADANG
 
Rika Desiyanti
 
Universitas Bung Hatta Padang. Email: Rikadyanti@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan klaster industri, yaitu pemasaran produk, keuangan usaha dan dukungan pemerintah daerah. Objek penelitian adalah Industri kecil rotan Kota Padang yang berlokasi di Tanah Sirah Kelurahan Pitameh Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu observasi lapangan, wawancara dan penyebaran kuesioner serta data sekunder yang diperoleh melalui instansi yang terkait dengan penelitian. Untuk menjawab permasalahan yang dikemukakan digunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian lapangan melalui penyebaran kuesioner tertutup dan terbuka, variabel keuangan usaha berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan pengembangan industri rotan.

 
Kata Kunci : Pemasaran produk, keuangan usaha, dukungan pemerintah
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 94 kali
..................................................
download cover Vol.2 No. 3 Tahun 2014