Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 2, Nomor 2, Mei 2014



 
ANALISIS PENGARUH RETURN ON EQUITY, DEBT EQUITY RATIO DAN CURRENT RATIO TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012
 
Mardaleni
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian Ini Bertujuan untuk mengungkapan :(1) pengaruh return on equity, debt equity ratio, current ratio secara bersama-sama terhadap dividen payout ratio. (2) pengaruh return on equity terhadap dividen payout ratio. (3) pengaruh debt equity ratio terhadap dividen payout ratio. (4) pengaruh current ratio terhadap dividen payout ratio.Populasi penelitian ini adalah semua Perusahaan property dan real estate yang berjumlah 52 perusahaan. sampel diambil dari semua populasi yaitu 7 perusahaan. Metode analisis menggunakan análisis regresi berganda.Hasil penelitian didapatkan: Terdapat Pengaruh Return on equity (X1), Debt equity ratio (X2) Current ratio (X3) secara simultan terhadap Dividen payout ratio (Y) adalah sebesar 0,211 denganSig. F sebesar 0,846 > 0,05 atau nilat F thitung kecil dari F tabel yaitu 0,268<9,277, maka dapat dikatakan bahwa return on equity (X1) debt equity ratio (X2) dan current ratio ( X3) tidak terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Dividen payout ratio Pada Perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI. Secara parsial Return on equity, Debt equity ratio dan Current ratio berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Dividen payout ratio Pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI dimana signifikansi masing-masing variabel lebih besar dari alpha. Untuk variabel return on equity tingkat signifikan lebih besar dari alpha (0,780 >0,05), untuk Debt equity ratio tingkat signifikan lebih kecil besar dari alpha (0,739 >0,05), untuk Current ratio tingkat signifikan lebih besar dari alpha (0,780 >0,05) dan persamaan regresi untuk ketiga variabel tersebut adalah Y = 13,074 – 12,022 X1 + 1,703 X2 – 0,710 X3.

 
Kata Kunci : Return On equity, Debt Equity Ratio, dan Current Ratio
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 244 kali
..................................................
 
PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA RUSH DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN KONSUMEN
 
Citra Suci Mantauv
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Brand Imge dan Kualitas Produk mempengaruhi Keputusan Pembelian dan melihat pula apakah Kepuasan Konsumen berperan sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel brand image (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (y) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Variabel kepuasan konsumen (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan tingkat signifikannya sebesar 0,000. Besarnya pengaruh brand image (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah 0,432 (R 2 = 43.2). Dengan kata lain terjadi peningkatan pengaruh variabel brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian (Y) dengan adanya variabel intervening (kepuasan konsumen) sebesar 19 % atau dari 43.2% menjadi 62.2%. Berarti dapat diinterprestasikan bahwa variabel kepuasan konsumen (I) memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara variabel brand image (X1) dan kualitas produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y).

 
Kata Kunci : Brand Imge,Kualitas Produk,Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 211 kali
..................................................
 
PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA CITRA SWALAYAN DENGAN VARIABEL INTERVENING SERVICE QUALITY
 
Eko Putra
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana harga mempengaruhi kepuasan konsumen dan melihat pula apakah service quality berperan sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel harga (x) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (y) dimana koefisien regresinya adalah 0,423 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Namun, nilai koefisien regresi variabel harga (X) tersebut mengalami penurunan dari 0,423 menjadi 0,289. Variabel service quality (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) dengan nilai koefisien regresi adalah 0,289 dan tingkat signifikannya sebesar 0,000. Besarnya pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen (Y) adalah 0,376 (R 2 = 37.6). Dengan kata lain terjadi peningkatan pengaruh variabel harga terhadap kepuasan kerja (Y) dengan adanya variabel intervening (service quality) sebesar 17.1% atau dari 37.6% menjadi 54.7%. Berarti dapat diinterprestasikan bahwa variabel service quality (I) memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara variabel harga(X) terhadap kepuasan konsumen (Y).

 
Kata Kunci : Harga, Kepuasan Konsumen, Service Quality
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 203 kali
..................................................
 
PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. INKUD AGRITAMA
 
Nur Hamzah
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat (Yappas) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Emai
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana kepemimpinan mempengaruhi kinerja karyawan dan melihat pula apakah motivasi kerja berperan sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel kepemimpinan (x) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (y) dimana koefisien regresinya adalah 0,718 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Namun, nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan (X) tersebut mengalami penurunan dari 0,718 menjadi 0,430. Variabel motivasi kinerja (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan nilai koefisien regresi adalah 0,724 dan tingkat signifikannya sebesar 0,000. Besarnya pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan (Y) adalah 0,593 (R 2 = 5.93). Dengan kata lain terjadi peningkatan pengaruh variabel kepemimpinan terhadap kinerja karyawan (Y) dengan adanya variabel intervening (motivasi kerja) sebesar 4.3% atau dari 5.93% menjadi 6.36%. Berarti dapat diinterprestasikan bahwa variabel motivasi kerja (I) memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara variabel kepemimpinan (X) terhadap kinerja karyawan (Y).

 
Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 203 kali
..................................................
 
ANALISA KINERJA KEUANGAN DAERAH DALAM PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2007-2012
 
Zalmi
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasaman Simpang Empat Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : (1) apakah Kabupaten Pasaman Barat Mandiri dalam melaksanakan kebijakan otanomi daerah pada tahun 2001-2012 (2) sejauh mana tingkat kemandirian Kabupaten Pasaman Barat setelah Pemekaran pada tahun 2007-2012. Metode analisis yang digunakan adalah analisis domain, amlisis toksonomi, analisis komponesial dan analisis tema budaya. Hasil penelitian didapatkan Kinerja keuangan daerah di lihat dari Pendapatan Asli Daerah ( PAD ), selalu terjadi peningkatan Pendapatan setiap tahunnya. pendapatan asli daerah yang paling dominan atau besar kontribusinya adalah dari pajak penerangan jalan memberikan kontribusi terhadap (PAD) sebesar 11,23 % , dan yang kedua adalah Pajak Restoran memberikan kontribusi terhadap (PAD ) 3,40 % ,Pajak sarang burung walet sebesar 3,20 %. Dan dari retribusi yang paling besar kontribusinya adalah retribusi pelayanan kesehatan ( RSUD ) memberikan kontribusi sebesar 4,5 %, serta legalisai daerah 3,91 % dan dari pendapatan lain yang sah yaitu pendapatan jasa giro sebesar 26,08 % dan pendapatan bunga deposito sebesar 16,23 % , sementara yang paling kecil kontribusinya adalah dari pajak hotel dan hiburan serta izin usaha perikanan setiap tahunya tidak mencapai target.

 
Kata Kunci : Kinerja, Keuangan, Otonomi
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 211 kali
..................................................
 
ANALISIS KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK TELKOMSEL DI OUTLET NDANX CELL
 
Endang Tirtana Putra
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat (Yappas) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Emai
 
ABSTRAK
 

Karya ilmiah ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam penelitian ini yang dijadikan fokus penelitian adalah masyarakat pengguna produk telkomsel, dalam penelitian ini penulis menggunakan rumusan masalah deskriptif, dimana peneliti menggali apa dasar dan penyebab serta situasi sosial yang terjadi dalam masyarakat terhadap kesetiaan nya menggunakan produk telkomsel. Masyarakat pengguna produk telkomsel, di ambil keterangan atau kesaksiannya pada salah satu outlet pulsa dikawasan pasar tempurung dan sekitar nya dengan merk NDANX CELL, dan sekaligus outlet mewakili menjadi sumber datanya atau nara sumber dalam penelitian ini termasuk peneliti sendiri. Dari hasil penelitian kualitatif yang dilakukan nanti diharapkan penulis mendapatkan titik terang dan kejelasan dari permasalahan yang nyata terjadi di lingkungan sosial masyarakat terhadap pengguna produk telkomsel yang setia terhadap merk telkomsel itu, dan diharapkan nantinya akan mendapatkan kejelasan apa sebab nya masyarakat cenderung menggunakan produk telkomsel khususnya dikawasan daerah tempurung dan sekitarnya lebih spesificnya lagi pelanggan yang berbelanja di outlet ndanx cell.

 
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Tingkat Penjualan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 201 kali
..................................................
 
PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS SISWA SMP IT PASAMAN BARAT
 
Yurasti
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat (Yappas) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Emai
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Nilai Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas siswa SMP IT Pasaman Barat melalui kepuasan siswa sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP IT Pasaman Barat. Kuesioner telah diberikan kepada 173 orang siswa dan semuanya terisi lengkap. Tehnik pengukuran variabel penelitian dilakukan dengan skala likert. Hasil pengujian dengan regresi sederhana dan regresi bertingkat menunjukkan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa dan kepuasan siswa berpengaruh positif dan signifikan pula terhadap loyalitas. Nilai pelanggan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMP IT Pasaman Barat. Pengujian variabel kepuasan siswa sebagai intervening menunjukkan bahwa variabel ini berperan sebagai intervening parsial. Temuan diatas menunjukkan bahwa nilai pelanggan atau manfaat yang diperoleh siswa SMP IT Pasaman Barat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas siswa sementara itu meski kepuasan siswa memediasi pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas, namun demikian pengaruh secara langsung tetap signifikan.

 
Kata Kunci : Loyalitas, Kepuasan, Nilai Pelanggan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 211 kali
..................................................
download cover Vol.2 No. 2 Tahun 2014