Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 2, Nomor 1, Januari 2014



 
PERSEPSI KELOMPOK RUJUKAN TIGO TUNGKU SAJARANGAN TENTANG PRODUK BANK SYARIAH DI PASAMAN BARAT
 
Zukriman dan M. Saleh Lubis
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat Jl. Pujarahayu, Ophir, 26368
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi kelompok rujukan tigo tungku sajarangan tentang produk-produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah di Pasaman Barat, apakah produk-produk itu sudah sesuai dengan syariat Islam yang sesungguhnya atau belum. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskripftif yang berguna untuk membuat gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada. Ditemukan hasil bahwa kelompok rujukan tigo tungku sajarangan cukup setuju dengan produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah di Pasaman Barat, ini ditandai dengan perolehan tingkat rata-rata skor mencapai 58,8% dari total responden. Sedangkan sebanyak 41,2% dari total responden menyatakan tidak setuju, Responden yang tidak setuju dengan produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah disebabkan karena masih adanya produk yang ditawarkan pleh perbankan syariah yang dipersepsi belum sesuai dengan syariat Islam yang sesungguhnya.

 
Kata Kunci : Persepsi, Produk Bank Syariah, Tigo Tungku Sajarangan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 222 kali
..................................................
 
UPAYA PENINGKATAN EKONOMI RUMAH TANGGA NELAYAN SKALA KECIL DENGAN MEMANFAATKAN WAKTU LUANG DI LUAR PENANGKAPAN IKAN (OFF-FISHING) DI KOTA PADANG
 
Eyviet Nazmar
 
Staf Pengajar pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta
 
ABSTRAK
 

The amount contribution of off-fishing business to total income of small-scale fishermen households is varies, it depends on the income of fishermen from catching fish in the sea (fishing), the greater income of fishermen from fishing in the sea, then the contribution of off-fishing become lower. Contribution of offfishing for laborer households of fishermen larger than the owner, from statistical test turns out that offfishing effort contribution on laborer households of fishermen is very different from the owners at 99% confidence level. When used fishing household data, the average hours of work on the effectiveness of small-scale fishermen households for economic effort was 286.78 hours per month (59.74%) and the remaining potential of free time for 193.22 hours per month (40.26%). If the potential of the remaining time used for the development of off-fishing, there is a hope to increase production from 40.26/59.74 (67.39%) of the production that has been done and when added with fishermen spare time out of fishing, the predictions can be even greater, though it could be two times greater than the income of fishermen.

 
Kata Kunci : Off-fishing, Free time at households, and The off-fishing development potential
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 321 kali
..................................................
 
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN IKM KOTA PADANG DENGAN DIFFERENTIATION STRATEGY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
 
Mega Usvita
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman Jl. Pujarahayu, Ophir, 26368. Email :
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran IKM Kota Padang, 2) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap differentation strategy terhadap kinerja pemasaran IKM Kota Padang, 3) Pengaruh differentiation strategy terhadap kinerja pemasaran, 4) Pengaruh differentiation strategy berperan sebagai variabel intervening antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran IKM Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh IKM Kerupuk kulit, keripik balado dan keripik peyek yang berada di kota Padang pada tahun 2010 2012 yang berjumlah 184 industri. Untuk pengambilan sampel digunakan metode proportional cluster random sampling yaitu penarikan sampel secara acak berdasarkan klaster dan proporsional yang didapat sampel sebanyak 126 sampel. Hasil penelitian menemukan bahwa : 1) Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran IKM Kota Padang. 2) Orientasi kewirausahaaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap differentiation strategy IKM Kota Padang. 3) Differentiation Strategy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. 4) Differentiation berpengaruh positif dan signifikan sebagai variabel intervening antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran.

 
Kata Kunci : Kinerja pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Differentiation Strategy
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 243 kali
..................................................
 
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP UNDERPRICING DALAM INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) PADA KELOMPOK PERUSAHAAN KEUANGAN DAN NON KEUANGAN DI BURSA EFEK JAKARTA (BEJ)
 
Zuhafni
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman Barat (YAPPAS) Jl. Pujarahayu, Ophir,
 
ABSTRAK
 

Tujuan riset ini adalah untuk membuktikan; apakah Reputasi Penjamin Emisi mempengaruhi underpricing pada penawaran saham perdana (IPO), apakah Offer Size (gross proceeds) mempengaruhi underpricing pada penawaran saham perdana (IPO), apakah Stock Volatility mempengaruhi underpricing pada penawaran saham perdana (IPO) dan untuk menguji apakah underpricing pada kelompok perusahaan keuangan lebih kecil dibanding dengan kelompok perusahaan non keuanga. Hasil riset ini menunjukkan; reputasi penjamin emisi tidak berpengaruh terhadap underpricing, offer size menunjukan tidak berpengaruh terhadap underpricing, terdapat pengaruh positif secara signifikan antara stock volatility dengan menggunakan proksi pengukuran standar deviasi LOGHL dan underpricing pada kelompok perusahaan keuangan lebih kecil apabila dibandingkan dengan kelompok perusahaan non keuangan. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi underpricing pada penawaran saham perdana (IPO) di BEJ, Offer size ternyata tidak berpengaruh terhadap underpricing (tingkat pengaruh hanya 5%). Terdapat hubungan positif secara signifikan antara stock volatility dengan menggunakan proksi pengukuran standar deviasi LOGHL dan Underpricing pada kelompok perusahaan keuangan lebih kecil apabila dibandingkan dengan kelompok perusahaan non keuangan dengan menggunakan abnormal return.

 
Kata Kunci : Underpricing, IPO, Stock Volatility, Abnormal Return, Penjamin Emisi
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 312 kali
..................................................
 
Kepuasan Kerja Merupakan Variabel Intervening Pengaruh Antara Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empirik di Badan Penanggulanan Bencana)
 
Citra Suci Mantauv
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat (Yappas) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Emai
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana motivasi kerja mempengaruhi kinerja pegawai dan melihat pula apakah kepuasan kerja berperan sebagai variabel intervening. Dari hasil penelitian ini didapatkan variabel motivasi kerja (x) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (y) dimana koefisien regresinya adalah 0,372 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Namun, nilai koefisien regresi variabel motivasi kerja (X) tersebut mengalami penurunan dari 0,763 menjadi 0,372. Variabel kepuasan kinerja (I) sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) dengan nilai koefisien regresi adalah 0,411 dan tingkat signifikannya sebesar 0,000. Besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai (Y) adalah 0,543 (R 2 = 5.43). Dengan kata lain terjadi peningkatan pengaruh variabel motivasi kerja terhadap kinerja pegawai (Y) sebesar 3.1% atau dari 2,33% menjadi 5,43%. Berarti dapat diinterprestasikan bahwa variabel kepuasan kerja (I) memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara variabel motivasi kerja (X) terhadap kinerja pegawai (Y).

 
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 276 kali
..................................................
 
Pengaruh Persepsi Kualitas dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Mobil Toyota Avanza Di Kabupaten Pasaman Barat
 
Eko Putra
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat (Yappas) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Emai
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas dan citra merek terhadap keputusan konsumen. Populasinya adalah semua konsumen Mobil Toyota Merek Avanza di Kabupaten Pasaman Barat dan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 orang konsumen yang ditemui. Teknik pengambilan data adalah dengan kuisioner yang dikuantifisir dengan skala likert. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semua variabel bebas berpengaruh positif terhadap variabel terikat. Dengan nilai konstanta (?) adalah 1,240 sedangkan nilai koefisien persepsi kualitas 0,451 dan citra merek 0,263 dan berdasarkan hasil analisis data dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai R-squre sebesar 0,467. Uji f menunjukan kedua variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebesar 11.921.

 
Kata Kunci : Persepsi Kualitas, Citra Merek, Keputusan Konsumen
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 232 kali
..................................................
 
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Menyimpan Dana Di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator
 
Asraf
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat Jln. Pujarahayu Ophir,26368. Email: drasraf
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen dalam memutuskan menyimpan dana di Bank Muamalat Cabang Pasaman barat dan melihat pula apakah religiusitas nasabah berperan sebagai variabel moderator. Penelitian dilakukan terhadap nasabah penyimpan dana di Bank Muamalat Indonesia Cabang Pasaman Barat. Kuesioner telah diberikan kepada 275 orang nasabah yang mengisi dengan lengkap seluruh item kuesioner yang ada. Tehnik pengukuran variabel penelitian dengan mengkuantifisir dengan skala likert. Hasil pengujian dengan Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Muamalat Pasaman Barat dengan koefisien sebesar 0,499 dan nilai signifikansi 0,000. Religiusitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Muamalat dengan koefisien sebesar 0,339 dan nilai signifikansi 0,000. Variabel Religiusitas memberikan peran moderasi dengan memperkuat pengaruh produk terhadap keputusan menyimpan dana di Bank Muamalat Indonesia Pasaman Barat karena interaksi variabel bebas dengan variabel moderator signifikan terhadap keputusan penilihan (0,007), dan nilai koefisien determinasi dari interaksi sebesar 0,766 lebih besar dari nilai koefisien determinasi variabel kualitas produk yang diuji t anpa mengikutkan peran moderator yaitu sebesar 0,743.

 
Kata Kunci : Kualitas Produk, Religiusitas, Keputusan Pemilihan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 298 kali
..................................................
download cover Vol.2 No. 1 Tahun 2014