Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 1, Nomor 3, September 2013



 
PENGARUH IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS TAMU MENGINAP DI PREMIER BASKO HOTEL PADANG
 
Yesi Elsandra dan Silvia Rahayu
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dharma Andalas Padang
 
ABSTRAK
 

The goal of this research is to know whether customer relationship marketing implementation influenced to guest stay loyality in Premier Basko Hotel. This research using primary and secondary data by purposive sampling method with the number of 100 respondent which is defined by Slovin formula. The result of this research shows that customer relationship marketing implementation have positive influence to guest stay in Premier Basko Hotel.

 
Kata Kunci : Loyalitas
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 233 kali
..................................................
 
PENGARUH CHANGE APPROPRIATENESS DAN SELF-EFFICACY TERHADAP LEVEL OF INDIVIDUAL CHANGE DAN KINERJA PEGAWAI DENGAN AFFECTIVE COMMITMENT TO CHANGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH PROV. SUMBAR)
 
Auliyawati Azwar dan Dwi Fitri Puspa
 
Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta Jl. Sumatera Ulak Karang Padang
 
ABSTRAK
 

The aim of this research is to test The influence of Change Appropriateness and Self-Efficacy to Level Of Individual Change and Employee Performance with the Affective Commitment to Change as an intervening variable. The sample are employee working in Financial Management Office of West Sumatra Province. 78 employees are given the questionnaire but only 73 questionnaires were collected. SEM analysis used to test the hypothesis by using the VisualPLS (VPLS). The result of this study show that five hypothesis accepted and three of those are rejected.

 
Kata Kunci : Change Appropriateness, Self-Efficacy, Level Of Individual Change, Employee Performance, Affective
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 213 kali
..................................................
 
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR YAMAHA DENGAN FAKTOR KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERATOR
 
M. Saleh Lubis, SE. MSi
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat Jl. Pujarahayu, Ophir, 26368
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana ekuitas merek mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sepeda motor merek Yamaha dan melihat pula apakah pertimbangan keluarga berperan sebagai variabel moderator. Penelitian dilakukan terhadap konsumen sepeda motor merek Yamaha di Simpang Empat Pasaman Barat. Kuesioner telah diberikan kepada 100 orang konsumen pemakai sepeda motor merek Yamaha dan semuanya terisi lengkap. Tehnik pengukuran variabel penelitian dengan mengkuantifisir dengan skala likert. Hasil pengujian dengan Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli sepeda motor merek Yamaha di Simpang Empat dengan koefisien sebesar 0,502. Keluarga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan koefisien sebesar 0,576. Sedangkan keluarga tidak memoderasi hubungan antara ekuitas merek dengan keputusan pembelian karena tidak signifikan.

 
Kata Kunci : Ekuitas merek, keluarga, keputusan pembelian
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 221 kali
..................................................
 
MENGUKUR KEKUATAN EKSPANSI BISNIS PT. ANTAM DITINJAU DARI ASPEK KINERJA KEUANGAN
 
YURASTI, SE. MSi
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Jl. Pujarahayu, Ophir, 26368, Pasaman Barat
 
ABSTRAK
 

Artikel ini mencoba mengukur kekuatan PT. ANTAM untuk terus melakukan ekspansi bisnis secara berkesinambungan menggarap potensi kekayaan tambang Indonesia bahkan pengembangan usaha ke luar negeri sebagai perusahaan bertaraf global. Dalam pengukuran ini penulis membatasi pada analisis parameter rasio-rasio keuangan dan dikaitkan dengan perkembangan harga saham dan minat masyarakat pada obligasi yang ditawarkan pada tahun 2011. Kedua hal terakhir untuk melihat persepsi dan reaksi pasar modal terhadap kinerja perusahaan. Hasil analisa terhadap rasio-rasio keuangan selama 5 tahun terakhir menunjukkan bahwa rentabilitas perusahaan secara umum terjadi peningkatan kinerja yang baik meski rasio aktivitas menunjukkan perkembangan yang relatif menurun. Kedua fakta ini mengindikasikan bahwa perusahaan mampu melakukan program efisiensi operasional sehingga dengan rasio-rasio aktifitas yang cenderung turun perusahaan mampu meningkatkan profitabilitas. Likuiditas meski terjadi penurunan secara rasio, namun tingkat likuiditas yang dipertahankan yaitu current ratio sebesar 251% dan quick ratio sebesar 188% di tahun 2012 masih dalam kondisi ideal. Solvabilitas perusahaan meski terjadi kenaikan di tahun 2012 akibat kenaikan hutang, namun angka debt to total assets ratio sebesar 35% di tahun 2012 masih tergolong aman dan konservatif. Tingkat kepercayaan pasar modal juga terlihat solid dengan larisnya obligasi yang ditawarkan sebesar Rp 3 triliun pada tahun 2011. Analisis diatas memberikan gambaran bahwa PT. ANTAM memiliki kekuatan ekspansi usaha yang besar untuk menggarap kekayaan tambang nasional dan sebagai perusahaan negara yang profitable guna menunjang pembangunan nasional. Mengingat manajemen perusahaan yang solid dengan tatakelola perusahaan yang sehat kiranya untuk menambah amunisi serta kekuatan ekspansi bisnis yang maksimal, tepat bila Pemerintah selaku pemilik mengupayakan tambahan modal yang akan memberi efek berlipat bagi kekuatan ekspansi bisnis. Kekuatan dari internal dan meningkatnya kredibilitas dimata kreditor dan pemilik dana lainnya.

 
Kata Kunci : Analisa rasio keuangan, harga saham, obligasi, PT. Antam. Tbk
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 215 kali
..................................................
 
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH TABUNGAN BANK BRI CABANG SIMPANG EMPAT
 
ENDARWITA
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat Jl. Pujorahayu, Ophir, 26368
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan baik terhadap kepuasan nasabah maupun loyalitas nasabah Bank BRI Cabang Simpang Empat, Pasaman Barat. Bentuk penelitian adalah asosiatif dengan populasinya seluruh nasabah penabung pada bank BRI Cabang Simpang Empat yang berjumlah 20.114 nasabah. Penarikan sampel dengan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 392 nasabah. Pengukuran variabel dilakukan dengan kuesioner yang dikuantifisir dengan skala Likert interval 1 s/d 5. Metode analisa dilakukan dengan regresi secara bertingkat. Hal ini dimaksudkan untuk melihat hubungan variabel terhadap variabel lain secara langsung maupun tidak langsung atau melalui variabel antara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien sebesar 0,332, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien sebesar 0,445. Kualitas produk juga secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien sebesar 0,542, kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan koefisien sebesar 0,165. Hubungan secara langsung kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah juga berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien sebesar 0,419 namun kontribusinya (R 2 ) hanya 11,2% saja. Bila dilakukan pengujian secara tidak langsung hubungan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dimana variabel kepuasan nasabah dijadikan sebagai intervening, menunjukkan kepuasan nasabah tidak berfungsi sebagai intervening. Hal ini karena selain pengaruh interaksi variabel independen baik kualitas produk maupun kualitas layanan dengan kepuasan terhadap loyalitas tidak sigifikan, juga koefisien interaksi ini lebih kecil dari koefisien hubungan langsung. Hasil penelitian ini sejalan dengan pendapat dan hasil penelitian yang mengatakan bahwa hubungan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan tidak bersifat linier.

 
Kata Kunci : kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 233 kali
..................................................
 
PENGARUH PENGAWASAN, DAN PENGARAHAN PIMPINAN TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI KPU KABUPATEN PASAMAN BARAT
 
SYAFRINALDI
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yappas Pasaman Barat (Yappas) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368. Emai
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di Kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pasaman Barat. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh Pengawasan dan Pengarahan Pimpinan terhadap Semangat Kerja. Populasinya adalah semua pegawai Kantor Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 35 orang. Model analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Dengan nilai konstanta (?) adalah 0,082 dengan nilai signifikannya 0,044 sedangkan nilai koefisien Pengawasan 0,117 dengan nilai signifikannya 0,003 dan Pengarahan Pimpinan 0,669 dengan nilai signifikannya 0,000. Berdasarkan hasil analisis data dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai R-squre sebesar 0,420. Uji f menunjukan ketiga variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen sebesar 11,567.

 
Kata Kunci : Pengawasan, Pengarahan Pimpinan , Semangat Kerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 211 kali
..................................................
 
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi Dan Komitmen Organisasi, Kinerja Dosen Pada STIE YAPPAS Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat
 
Nur Hamzah
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di STIE YAPPAS. Tujuannya Untuk Mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi Dan Komitmen secara Serentak Terhadap Kinerja Dosen Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi Dan Komitmen secara Parsial Terhadap Kinerja Dosen. Populasinya adalah semua Dosen Pada STIE YAPPAS Kabupaten Pasaman Barat yang berjumlah 45 orang. sampel diambil dari semua populasi yaitu 45 orang. Dengan nilai konstanta (?) adalah 23,564 sedangkan nilai koefisien gaya kepemimpinan 0,460, kompensasi 0,310, dan komitmen 0,294 dan berdasarkan hasil análisis data dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai R-square sebesar 0,326. Uji f menunjukan ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

 
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Komitmen, Kinerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 215 kali
..................................................
download cover Vol.1 No. 3 Tahun 2013