Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 1, Nomor 2, Mei 2013



 
ANALISIS SERVICE MARKETING-MIX DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN JASA PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA
 
Sefnedi, SE., MM., Ph.D
 
Dosen Pascasarjana Universitas Bung Hatta Email: sefnediphd@yahoo.com
 
ABSTRAK
 

Higher educational sector plays a major role on Indonesiaís human development. Therefore, higher education market faces keen competition including in west sumetera. The main purpose of this study was to examine the impact of service marketing-mix on consumerís buying decision. A total of 149 feedback reveived from the 162 questionnaires distributed. The findings incate that only dimensions of product, promotion, place, people, and process are found to have positif and significant impact on consumerís buying decision. However, dimension of price and physical evidence are not so crucial in explaining the variations in consumerís buying decision.

 
Kata Kunci : Service Marketing-Mix, Consumerís Buying Decision, Bung Hatta University
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 326 kali
..................................................
 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ARUMAS HOTEL LUBUK SIKAPING
 
M. Saleh Lubis
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu, Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Arumas Hotel Lubuk Sikaping. Populasinya adalah semua pelanggan Arumas dan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pelanggan yang ditemui. Tehnik pengambilan data adalah dengan kuesioner yang dikuantifisir dengan skala Likert. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semua variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Arumas Hotel. Pengujian dengan regresi berganda menunjukkan koefisien tangibel sevesar 0,311, koefisien reliability sebesar 0,156, koefisien responsiveness sebesar 0,212, assurance sebesar 0,198 dan koefisien empathy sebesar 0,195. Penemuan ini sesuai dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya pada objek yang berbeda.

 
Kata Kunci : Kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 252 kali
..................................................
 
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SMA ISTIQOMAH SIMPANG AMPEK
 
Adriwilza
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu, Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di SMA Istiqomah, Simpang Ampek, Pasaman Barat. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Populasinya adalah guru-guru SMA Istiqomah yang berjumlah 45 orang. Karena populasi jumlahnya dibawah 100 orang maka seluruh populasi dijadikan responden. Tidak ada penarikan sampel. Penelitian seperti ini disebut penelitian sensus. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan seluruh variabel independen dengan variabel dependen. R 2 menunjukkan nilai sebesar 59% yang berarti bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhada kinerja guru hanya sebesar itu. 41% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti disini. Setiap variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen. Namun variabel paling berpengaruh adalah kepemimpinan kepala sekolah dengan koefisien sebesar 0,534, sedangkan koefisien kompensasi hanya sebesar 0,278. Uji F menunjukkan kedua variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

 
Kata Kunci : kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi dan kinerja guru
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 343 kali
..................................................
 
PENGARUH INTRINSIK REWARD DAN PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KOTA PARIAMAN
 
Jayasman
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu Ophir, 26368
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di Badan Kepegawaian Daerah Kota Pariaman. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh intrinsik reward dan pendidikan terhadap motivasi kerja. Populasinya adalah semua pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kota Pariaman sebanyak 35 orang. Karena populasinya jumlahnya dibawah 100 orang maka seluruh populasi dijadikan responden. Model analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Dengan nilai konstanta (?) adalah 1,938 sedangkan nilai koefisien intrinsik reward 0,131 dan pendidikan 0,655. Berdasarkan hasil analisis data dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai R-squre sebesar 0,711. Uji f menunjukan ketiga variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen

 
Kata Kunci : Intrinsik Reward, Pendidikan, Motivasi Kerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 327 kali
..................................................
 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN SIKOCI (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK NAGARI CABANG UJUNG GADING)
 
Pipi Yestika Sari dan Mega Usvita
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu, Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di bank Nagari Cabang Ujung Gading. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap loyalitas nasabah. Populasinya adalah seluruh nasabah tabungan sikoci pada bank Nagari Cabang Ujung Gading. Pem:ilihan sampel dengan menggunakan metode Convenience Sampling dan penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat L.R Gay. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan sikoci bank Nagari Cabang Ujung Gading.

 
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, loyalitas
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 274 kali
..................................................
 
ANALISA SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BIBIT JAGUNG MERK PIONEER (STUDI KASUS MELALUI UD. SARANA TANI)
 
Elondri dan Roza Gustika
 
Sekolah Tinggi I lmu Ekonomi (STI E) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu, Ophir, 2
 
ABSTRAK
 

Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana penjualan bibit jagung merek pioneer dilakukan dengan analisa Segmentasi, Targeting dan positioning. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dimana pengambilan sampel berdasarkan data primer dan sekunder yang diolah dengan matriks daya tarik industry (MDTI ) dan indeks sikap konsumen. Data yang diperoleh diolah untuk mengetahui segmentasi, kemudian dipilih target dan dilakukan positioning. Dalam penelitian ini diketahui bahwa dari sekian banyak segmentasi, segmentasi yang dipakai hanya berdasarkan topografi dataran suatu daerah, kemudian ditentukan target yaitu segmen dataran rendah dan dataran sedang, kemudian positioning yang paling tinggi terdapat pada P23. Dari hasil perolehan ini disimpulkan bahwa analisa segmentasi, targeting dan positioning dapat dijadikan dasar untuk pembuatan strategi bagi perusahaan untuk mengisi aspek pasar secara maksimal. Dimana selama ini Usaha Dagang (UD) Sarana Tani melakukan penjualan biasa dengan promosi yang tidak menekankan berdasarkan segmentasi, targeting dan positioning.

 
Kata Kunci : Segmentasi, Targeting, Positioning dan Penjualan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 256 kali
..................................................
 
Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Sawahlunto
 
Citra Suci Mantauv
 
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS) Jln. Pujarahayu Ophir, 2636
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini dilakukan di Dinas kebudayaan Dan Pariwisata Kota Sawahlunto. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai. Populasinya adalah semua pegawai Dinas kebudayaan Dan Pariwisata Kota Sawahlunto sebanyak 35 orang. Karena populasinya jumlahnya dibawah 100 orang maka seluruh populasi dijadikan responden. Dengan nilai konstanta (?) adalah 1,307 sedangkan nilai koefisien kepemimpinan 0,157, lingkungan kerja 0,067 dan motivasi kerja 0,462 dan berdasarkan hasil analisis data dengan regresi linear berganda diketahui bahwa nilai R-squre sebesar 0,544. Uji f menunjukan ketiga variabel indenpenden berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

 
Kata Kunci : Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Motivasi, Kinerja Pegawai
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 243 kali
..................................................
download cover Vol.1 No. 2 Tahun 2013