Untitled Document

e-Jurnal Apresiasi Ekonomi

Volume 1, Nomor 1, Januari 2013



 
ANALISA STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GUNA MENINGKATKAN KEUNTUNGAN PADA UNIT SIMPAN PINJAM KUD DASTRA KINALI DENGAN MENGGUNAKAN PORTOFOLIO BCG (BOSTON CONSULTING GROUP)
 
SYAFRINALDI / MAY YULIZA
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisa Strategi Pengembangan Usaha Guna Meningkatkan Keuntungan Pada Unit Simpan Pinjam KUD Dastra Kinali Dengan Menggunakan Portofolio BCG (Boston Consulting Group). Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah, dengan menggunakan metode Analisis Domain , Analisis Taksonomi, Analisis Komponensial , Analisis Tema Budaya . Hasil Analisa yang dilakukan dilihat dari matrik BCG dapat diketahui bahwa posisi KUD Dastra laporan keuangan KUD Dastra pada Unit Simpan Pinjam terletak pada Kuadran STAR dalam arti kata Sisa Hasil Usaha KUD Dastra berada pada pertumbuhan yang cepat dan bagus. Garis vertikal matrik BCG yang melambangkan pertumbuhan peluang sisa hasil usaha KUD Dastra sudah tergolong tinggi karena ukuran pertumbuhan sisa hasil usaha KUD Dastra berdasarkan dari matrik BCG adalah 100% /Tahun. Sedangkan dari perhitungan dan pembahasan dari data yang didapat pertumbuhan KUD Dastra adalah 88.2 % jadi jika dinilai dari BCG pertumbuhan KUD Dastra sudah baik. Peluang KUD Dastra yang digambarkan dengan sumbu horizontal pada matrik BCG jika diterapkan ke KUD Dastra maka dapat dinilai dalam persentase sebesar 15.3 % angka ini tergolong besar untuk satu unit Simpan Pinjam. Bisa dikatakan KUD Dastra mempunyai keunggulan yang kompetitif dalam meningkatkan peluang pertumbuhan KUD Dastra itu sendiri.

 
Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha, Keuntungan, Portofolio BCG
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 213 kali
..................................................
 
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN (BIRO DISTRIBUSI DAN TRANSPORTASI) PADA PT. SEMEN PADANG
 
MARDAHLENI
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Perusahaan sangat penting sekali memperhatikan setiap sumber daya yang mereka miliki, terutama sekali karyawan, agar karyawan tetap semangat, berprestasi serta memiliki kepuasan kerja yang tinggi. Dalam rangka peningkatan kepuasan kerja, perusahaan dapat memilih beberapa cara yang sesuai dengan situasi dan kemampuan perusahaan, yang diantaranya adalah melakukan program promosi jabatan dan pemberian kompensasi. Salah satunya perusahaan yang telah mencoba melakukan cara tersebut adalah PT. Semen Padang. PT. Semen Padang memberikan kompensasi tepat pada waktunya dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, baik itu kompensasi langsung yang berupa gaji, upah, bonus, insentif, maupun kompensasi tidak langsung yang berupa tunjangan-tunjangan. Penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu Kompensasi (X) serta variable Y yaitu Kepuasan kerja karyawan pada PT. Semen Padang. Analisa dilakukan menggunakan alat analisa regresi Liniear Sederhana. Dengan metode ini dapat dilihat bagaimana pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja baik secara parsial maupun bersama-sama. Dari hasil analisa yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa kompensasi memiliki t-hitungnya yaitu sebesar 2,807 dimana lebih besar dari ?= 5 %. Jika dilihat secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja, dimana pengaruh ini dapat dilihat melalui f-hitungnya yaitu 7,881 pada signifikan 0,009. Persamaan regresi yang diperoleh yaitu : Y = 1,603 + 0,566X .

 
Kata Kunci : Kompensasi, Kepuasan kerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 201 kali
..................................................
 
MENGUKUR PELUANG USAHA DISTRIBUTOR PUPUK DI PASAMAN BARAT UNTUK DIKELOLA PERUSAHAAN DAERAH MEKAR JAYA MADANI (PD. MJM)
 
ASRAF
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Ini adalah penelitian deskriptif yang menurut tujuannya bersifat penelitian terapan yaitu untuk melihat peluang usaha sebagai distributor pupuk di wilayah Kabupaten Pasaman Barat yang ingin dikelola Perusahaan Daerah Mekar Jaya Madani (PD. MJM) milik Pemerintah Daerah Pasaman Barat. Penelitian dilakukan dikawasan Kabupaten Pasaman Barat. Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data yang diperlukan dari berbagai sumber melalui survey, wawancara dan pengumpulan data lainnya dari instansi terkait seperti Dinas Perkebunan, Dinas Pertanian dan Dinas Inkoperindag Kabupaten Pasaman Barat. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif dari aspek Tehnis, pemasaran, dan manajemen. Sedangkan analisa kuantitatif pada aspek keuangan berupa analisa atas parameter keuangan melalui pengukuran NPV, IRR, Payback Period dan Net B/C ratio. Dengan kedua analisa ini akan dapat diukur tingkat kelayakan usaha dimaksud. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa usaha Distributor Pupuk oleh PD. MJM untuk wilayah Kabupaten Pasaman Barat memiliki prospek menguntungkan dan layak.

 
Kata Kunci : Peluang Usaha
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 227 kali
..................................................
 
PENGARUH PEMBERIAN REMUNERASI TERHADAP KINERJA ANGGOTA POLRI POLRES PASAMAN (Studi Kasus Anggota Polri yang Berpangkat BRIPDA S/D BRIPKA)
 
ROZA GUSTIKA
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Remunerasi adalah merupakan imbalan atau balas jasa yang diberikan perusahaan kepada tenaga kerja sebagai akibat dari prestasi yang telah diberikannya dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Pengertian ini mengisyaratkan bahwa keberadaannya didalam suatu organisasi perusahaan tidak dapat diabaikan begitu saja. Sebab akan terkait langsung dengan pencapain tujuan perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pemberian remunerasi terhadap kinerja anggota Polri Polres Pasaman dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemberian remunerasi terhadap kinerja dengan metode analisa data yaitu analisis deskriptif, analisa regresi linear sederhana dan uji normalitas data dengan menggunakan SPSS versi 15.0. Dari hasil penelitian Pemberian Remunerasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja anggota Polri Polres Pasaman artinya setiap peningkatan Remunerasi akan meningkatkan kinerja dari anggota Polri Polres Pasaman dengan persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh Y=3,753 + 0,076 X. ini dapat dinyatakan dengan Apabila terjadi peningkatan Remunerasi sebesar satu satuan maka akan mengakibatkan kenaikan kinerja sebesar 0,076. Apabila terjadi penurunan Remunerasi sebesar satu satuan maka akan mengakibatkan penurunan kinerja sebesar 0,076. Dan apabila Remunerasi diasumsikan nol atau tidak ada maka kinerja anggota Polri tetap sebesar konstanta yaitu 3,753. Semua variabel yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal yang terlihat dari uji normalitas dengan nilai signifikan dari variabel Remunerasi dan Kinerja lebih besar dari 0,05.

 
Kata Kunci : Remunerasi, Kinerja
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 211 kali
..................................................
 
PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MINYAK KELAPA SAWIT (CPO) PADA PT. GERSINDO MINANG PLANTATION PASAMAN BARAT
 
Eko Putra
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Studi ini bertujuan mengetahui pengaruh biaya distribusi terhadap volume penjualan minyak kelapa sawit (CPO) Pada PT. Gersindo Minang Plantation Pasaman Barat, data yang digunakan data sekunder dan metode analisa yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Didalam melakukan pengolahan data digunakan analisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan Uji normalitas, Uji koefisien determinasi (R), Uji regresi sederhana dan Uji t dengan memakai Program SPPS. Berdasarkan kepada analisis dan pembahasan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa biaya distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan dan kebijkasaan distribusi yang dilakukan PT. Gersindo Minang Plantation Pasaman Barat yaitu distribusi langsung, menambah armada angkutan yang digunakan untuk mengangkut produk CPO, agar produk yang dihasilkan perusahaan dapat cepat dikenal pasar konsumen dan bertambahnya barang yang didistribusikan sehingga volume penjulan dapat ditingkatkan. Disarankan kepada pihak PT Gersindo Minang Plantation merevisi kebijkasanaan distribusi yang akan dijalankan perusahaan, agar terus meningkatkan nilai anggaran distribusi yang akan mereka keluarkan agar daerah yang menjadi tempat distribusi dapat terus ditingkatkan sehingga volume penjualan perusahaan terus mengalami peningkatan dan juga menambah jumlah kendaraan operasional yang akan digunakan untuk proses pendistribusian produk

 
Kata Kunci : Biaya Distribusi, Volume Penjualan
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 224 kali
..................................................
 
PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI DAN NILAI TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus: Bank Nagari Cabang Utama Padang)
 
CITRA SUCI MANTAUV
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: pengaruh faktor psikologi, nilai terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening dan merupakan studi kasus dilakukan pada Bank Nagari Cabang Utama Padang. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank Nagari Cabang Utama Padang pada akhir periode 2010 yaitu sebanyak 174.363 orang nasabah, untuk menarik sampel menggunakan metode Sampel Non Probabilitas, yaitu peluang setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel tidak sama. Jumlah sampel untuk penelitian ini adalah sebanyak 400 orang nasabah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, didapati pengaruh yang positif dan signifikan variabel X1 dan X2 terhadap Y dengan koefisien regresi 0,562.Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel X1 dan X2 terhadap variabel Intervening dengan koefisien regresi 0,546 untuk faktor psikologi dan 0,117 untuk faktor nilai nasabah dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel intervening terhadap Y dengan koefisien regresi 0,460.

 
Kata Kunci : Faktor Psikologi, Nilai Nasabah, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 219 kali
..................................................
 
PENGARUH IKLAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CREAM WAJAH PONDíS PADA MAHASISWI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI YAYASAN PENDIDIKAN PASAMAN (STIE YAPPAS)
 
MEGA USVITA
 
Staf Pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman (YAPPAS)
 
ABSTRAK
 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh iklan terhadap sikap konsumen pada cream wajah Pondís; (2) Pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian cream wajah Pondís; (3) Pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian cream wajah Pondís; Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kausatif, dengan populasi seluruh mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPPAS yang terdaftar pada semester Juli-Desember 2012. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode Convenience Sampling dan penentuan ukuran sampel menggunakan pendapat L.R gay. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hipotesis diuji dengan uji F dan uji t pada = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap konsumen cream wajah Pondís; (2) Iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian cream wajah Pondís; (3) Sikap konsumen berpengaruh signifikan tarhadap keputusan pembelian cream wajah Pondís.

 
Kata Kunci : Iklan, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian
 
download full text
sudah didownload sebanyak : 215 kali
..................................................
download cover Vol.1 No. 1 Tahun 2013